Pemkab Lotim, Sediakan Area Hot Spot Tanpa Password

Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubokinfo) Kabupaten Lombok Timur, saat ini telah memasang antena outdoor jenis directional yang siap melayani kebutuhan akses internet masyarakat luas. Antena itu, dibangun dengan dana anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan (APBD-P) tahun 2009.
Dengan adanya fasilitas tersebut, masyarakat yang memiliki laptop/Handphone yang memiliki fasilitas WiFi dapat mengakses internet secara gratis, mulai pukul 07.00 sampai pukul 24.00 wita dalam radius 300 meter, mulai dari terminal Pancor sampai di POM Bensin Pancor. Layanan itu bisa langsung dinikmati masyarakat luas, Karena Hot Spot yang dibangun tanpa Password.
Fasilitas ini semakin melengkapi layanan internet yang disediakan Dishubkominfo di Pusat Layanan Internet setiap hari kerja.
Kepala Bidang Sarana Komunikasi dan Informatika Dishubkominfo Lombok Timur, Drs. Lalu Moh. Zain, mengharapkan agar terminal tersebut ramai dikunjungi oleh masyarakat yang hendak mengakses internet, khususnya yang tak memiliki fasilitas di rumah.
Katanya, layanan itu dilaksanakan, sebagai salah satu langkah Pemkab Lombok Timur untuk menuju masyarakat informasi tahun 2025. Ini menjadi salah satu indicator kesungguhan Pemkab Lombok Timur dalam mengembangkan Teknologi Informasi sekaligus memasyarakatkannya.
Sekali lagi ditegaskannya, antena yang dipasang, berjenis directional yang area sinyalnya mengarah ke satu arah dengan jangkauan sampai 300 meter, bukan antena Omni yang pola radiasinya melingkar dengan radius mencapai 350 meter. Menjelaskan yang dimaksud dengan Hot Spot, terang Zain, yakni daerah yang memiliki sinyal WiFi, yakni wireless Fidelity (jaringan tanpa kabel).

sumber : situs resmi Pemkab Lotim